Sekretariat Badan Penanggulangan Bencana Daerah mempunyai tugas membantu Kepala Badan dibidang urusan Umum, Kegawaian, Keuangan, dan Program.

Fungsi
a. Penyelenggaraan Pembinaan Pegawai pada lingkungan sekretariat.
b. Penyelenggaraan arahan pembinaan kepada pejabat structural pada lingkup sekretariat keuangan, umum dan kepegawaian serta pelayanan umum.
c. Penyelenggaraan instruksi pelaksanaan tugas lingkup sekretariat.
d. Penyelenggaraan penyusunan program kegiatan sekretariat.
e. Penyelenggaraan koordinasi, sinkronisasi dan intergrasi program perencana dan perumusan kebijakan dilingkungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Utara.
f. Penyelenggaraan pembinaan dan pelayanan administrasi ketatausahaan, hokum dan peraturan perundang-undangan, organisasi, tatalaksana, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, keuangan, perlengkapan dan rumah tangga.
g. Penyelenggaraan pembinaan dan pelaksanaan hubungan masyarakat dan protokol.
h. Penyelenggaraan pengumpulan data dan informasi kebencanaan.
i. Penyelenggaraan koordinasi dalam penyusunan laporan penanggulangan bencana.

Tugas
a. Menyelenggarakan penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, pengkoordinasian, pelayanan administrasi dan pelaksanaan di bidang program.
b. Menyelenggarakan penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, pengkoordinasian, pelayanan administrasi dan pelaksanaan dibidang keuangan.
c. Menyelenggarakan penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, pengkoordinasian, pelayanan administrasi dan pelaksanaan di bidang umum dan kepegawaian.
d. Menyelenggarakan dan melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh kepala BPBD sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Untuk melaksanakan tugas, fungsi dan uraian tugas, Sekertaris dibantu oleh:
a. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
b. Sub Bagian Keuangan
c. Sub Bagian Program, Akuntabilitas dan Informasi Publik