Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan mempunyai tugas membantu mengkoordinasikan dan melaksanakan kebijakan umum dibidang penanggulangan bencana pada tahap pra bencana serta pemberdayaan masyarakat.

Fungsi
a. Penyelenggaraan pembinaan pegawai pada lingkup bidang pencegahan dan kesiapsiagaan.
b. Penyelenggaraan arahan, bimbingan kepada pejabat Strukturlah pada lingkup bidang pencegahan dan kesiapsiagaan.
c. Penyelenggaraan Perumusan rencana dan pelaksanaan pengkajian, pengembangan, pemantauan dan pemantauan penanggulangan bencana.
d. Penyelenggaraan dan penyiapan perumusan kebijakan teknis pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap penanggulangan bencana.
e. Penyelenggaraan penyiapan pelatihan penanggulangan bencana alam.
f. Penyiapan sarana dan prasarana serta dukungan logistic dan peralatan untuk menghadapi kemungkinan kegiatan penanganan bencana.
g. Penyelenggaraan perumusan kebijakan di bidang pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan dan peringatan dini pada prabencana serta pemberdayaan masyarakat dengan mempertimbangkan nilai-nilai kearifan lokal.
h. Penyelengaraan koordinasi dan pelaksanaan kebijakan di bidang pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan dan peringatan dini pada prabencana serta pemberdayaan masyarakat dalam rangka pengurangan resiko bencana.
i. Penyelenggaraan hubungan kerja dangan instansi atau lembaga terkait di bidang pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan dan peringatan dini prabencana serta pemberdayaan masyarakat.
j. Penyelenggaraan pembuatan, pemasangan dan penyebarluasan rambu-rambu dan papan informasi kebencanaan.

Tugas
a. Menyelenggarakan penyusunan bahan koordinasi penyusunan kebijakan umum, hubungan kerja, rencana dan pelaksnaan serta pemantauan, evaluasi dan analisis pelaporan di bidang indentisikasi resiko dan ancaman resiko.
b. Menyelanggarakan penyusunan bahan koordinasi penyusunan dan kebijakan umum, hubungan kerja, rencana dan pelaksanaan serta pemantauan evaluasi dan analisis pelaporan di bidang mitigasi dan standarisasi.
c. Menyelenggarakan penyusunan bahan koordinasi penyusunan kebijakan umum, hubungan kerja, rencana dan pelaksanaan serta pemantauan evaluasi dan analisis pelaporan dibidang peran lembaga usaha dalam penanggulangan bencana.
d. Menyelenggarakan penyusunan bahan koordinasi penyusunan kebijakan umum, hubungan kerja, rencana dan pelaksanaan serta pemantauan, evaluasi dan analisis pelaporan di bidang peran serta organisasi social masyarakat dalam penanggulangan bencana.
e. Menyelenggarakan penyusunan koordinasi penyusunan kebijakan umum, hubungan kerja, rencana dan pelaksanaan serta pemantauan, evaluasi dan analisa pelaporan di bidang serta masyarakat dalam penanggulangan bencana.
f. Menyelenggarakan penyusunan bahan koordinasi penyusunan kebijakan umum, hubungan kerja rencana dan pelaksanaan serta pemantauan, evaluasi dan analisis pelaporan dibidang prencanaan siaga.
g. Menyelenggarakan penyusunan bahan koordinasi penyusunan kebijakan umum, hubungan kerja, rencana dan pelaksanaan serta pemantauan, evaluasi dan analisis pelaporan di bidang perencanaan siaga.
h. Menyelenggarakan penyusunan bahan koordinasi penyusunan kebijakan umum, hubungan kerja rencana dan pelaksanaan serta pemantauan evaluasi dan analisis pelaporan dibidang penyiapan sumber daya.
i. Menyelenggarakan tugas lain yang diberikan oleh kepala BPBD sesuai dengan tugas dan fungsinya