Sejumlah mahasiswa Politeknik Negeri Medan (POLMED) mendapatkan pelatihan edukasi penanganan darurat bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Kamis (10/1/2019).

Kegiatan pelatihan dan edukasi penanggulangan darurat bencana tersebut dibuka oleh Kepala BPBD Sumut DR. Ir. H. Riadil Akhir Lubis. M.Si melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD dan didampingi oleh Kasubbid Pengurangan Resiko Bencana Drs. Dariyus M. Sinulingga, serta Kasubbid Kesiapsiagaan Muhammad Ridwan, ST.

Selanjutnya kegiatan edukasi penanganan darurat bencana kepada mahasiswa POLMED dibawakan oleh staf dan pelatih dari Bidang Pengendalian dan Kesiapsiagaan BPBD Provsu, diantaranya Tringani Barus, SE, Rosmaniar, S.Psi, Rayo Sihotang, Daniel Dachi dan Vutry Maria S. SKM, M.Kes.

Materi edukasi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut, meliputi penyelamatan dan evakuasi masyarakat terdampak bencana melalui upaya pencarian, penyelamatan korban, pertolongan darurat, dan evakuasi korban.

Selanjutnya disampaikan pula materi tentang pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat terdapak, meliputi kebutuhan air bersih dan sanitasi, pangan, sandang, pelayanan kesehatan, pelayanan psikososial, dan penampungan, serta tempat hunian.

Turut disampaikan pula materi tentang perlindungan terhadap kelompok rentan, yaitu dengan memberikan proritas kepada korban rentan, diantaranya bayi, anak-anak, ibu hamil dan sedang menyusui, penyandang disabilitas, dan kalangan lanjut usia (lansia).

Setelah ketiga upaya tersebut dilakukan, maka selanjutnya diajarkan pula materi untuk pemulihan dengan segera terhadap prasarana dan sarana vital, yang dilakukan dengan memperbaiki atau mengganti kerusakan akibat bencana.

Dalam kata sambutannya, Kepala Bidang Pengendalian dan Kesiapsiagaan menyampaikan harapannya yang besar terhadap seluruh mahasiswa yang mengikuti pelatihan dan edukasi agar kelak menjadi penerus di bidang penanggulangan bencana di Sumatera Utara dan Indonesia.

“Jadi kami memberikan harapan besar kepada seluruh adik-adik agar kelak menjadi penerus kami di bidang penanggulangan bencana. Pekerjaan ini merupakan pekerjaan dari hati, pekerjaan dimana kita bisa membantu antar sesama agar selamat dari bencana,” ujarnya.

Dirinya turut  berharap agar mahasiswa yang dilatih dan diberikan edukasi dapat menyampaikan ke kalangan dosen agar pelatihan dan edukasi tersebut dapat diselenggarakan secara rutin, yakni dalam kurun 2 bulan sekali.

“Sehingga nantinya adik-adik tidak hanya bisa teori, tapi juga dapat memahami praktek penanggulangan bencana di lapangan. Kantor BPBD Provsu tentu selalu terbuka menjadi tempat pelatihan dan edukasi penanggulangan bencana,” ujarnya.

Selain diberikan edukasi penanggulangan bencana, melalui Kasubbid Kesiapsiagaan Muhammad Ridwan, ST, mahasiswa dari POLMED juga diperkenalkan melihat ruangan Disaster Information Management System (DIMS) di kantor BPBD Provsu.

“Di ruangan DIMS, kita dapat memantau kondisi gunung api di Sumatera Utara secara real time, khususnya Gunung Sinabung di Kabupaten Karo. Juga termasuk aliran lahar dinginnya. Kita juga akan menyajikan data-data BMKG, serta potensi dan bencana di Sumatera Utara dari ruangan DIMS ini,” terang Ridwan.

Keterangan foto: Sejumlah mahasiswa dari Politeknik Negeri Medan (POLMED) mendapatkan pelatihan dan edukasi penanganan darurat bencana di Kantor BPBD Provsu, Jl. Medan - Binjai, Km 10,3, Medan Krio, Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (10/1/2019)