Pelatihan Sistem Komando pada Penanganan Daruat Dibuka oleh Sekda Provsu

Pelatihan Sistem Komando pada Penanganan Daruat Dibuka oleh Sekda Provsu

Pelatihan Sistem Komando pada Penanganan Daruat Dibuka oleh Sekda Provsu

Bersamaan dengan pegelaran Pelatihan Bimbingan Mental, Fisik dan Disiplin (Bintalfisdis) yang diikuti oleh jajaran Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) se Sumatera Utara di Resmimen Induk Daerah (Rindam) I/BB – Pematang Siantar, BPBD Provsu juga turut menginisiasi kegiatan Pelatihan Incident Command System (ICS) for Incident Commander (IC) atau Pelatihan Sistem Komando pada Penanganan Darurat.

Kegiatan Pelatihan Sistem Komando pada Penanganan Darurat ini berlangsung pada 3-5 Juli 2019, bertempat di Ballroom Hotel Emerald Garden, Jalan Yos Sudarso Medan dan diikuti oleh sejumlah Pimpinan Pemerintahan di Sumut, diantaranya Sekertaris Kabupaten/Kota se Sumatera Utara, Kepala BPBD Provinsi Sumatera Utara dan juga para Kepala Bidang, serta Kepala BPBD Kabupaten/Kota se Sumatera Utara.

Saat membuka kegiatan Pelatihan Sistem Komando pada Penanganan Daruat, Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara, Dr Ir Hj R Sabrina, MSi menyebutkan bahwa sikap siaga dan pengetahuan kebencanaan adalah kunci yang beperan penting dalam peningkatan keselamatan.

Atas hal tersebut, Sabrina menyebut Pelatihan Sistem Komando pada Penanganan Darurat penting digelar. “Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk usaha kita untuk mewujudkan kesiapsiagaan bencana. Semakin siaga dan penuh persiapan kita, mudah-mudahan semakin kecil risiko atau dampak yang harus kita tanggung akibat bencana. Apalagi menyangkut keselamatan jiwa manusia, harus serius kita,” kata Sabrina.

Sabrina turut berharap agar seluruh peserta agar nantinya dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat dari pelatihan di daerah masing-masing, sehingga upaya meminimalisir risiko bencana dapat terwujud.

“Ilmu yang kita peroleh dari masing-masing narasumber hendaknya dapat diimplementasikan untuk daerah masing-masing, tentu dengan mengenal kondisi daerah kita juga, terkhusus di titik-titik yang berpotensi terjadi bencana, kemudian kita siapkan strategi penangannya secara tepat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Provsu Dr Ir Riadil Akhir Lubis MSi menyampaikan bahwa pelatihan yang digelar bertujuan untuk memantapkan pengetahuan dan kecakapan Sekda dan Kepala BPBD dalam menjalankan tupoksi selaku koordinator, pelaksana teknis, dan komando dalam penanganan bencana.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan kedepan tidak ada lagi kebingungan-kebingungan dalam menjalankan tupoksi saat menangani bencana alam,” kata Riadil.

Dalam kesempatan yang sama, Riadil turut menyampaikan bahwa hampir seluruh wilayah kabupaten/kota di Sumut memiliki indeks risiko bencana yang tinggi. “Dengan pelatihan ini, kita berharap indeks risiko bencana di Sumut semakin berkurang, dan kesiapan kita menghadapi bencana pun semakin mantap,” harapnya.

Pelatihan Sistem Komando pada Penanganan Daruat ini turut menghadirkan sejumlah narasumber, diantaranya Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan BNPB Dr Ir Agus Wibowo MSi dengan paparan tentang Penyiapan SDM untuk Penanggulangan Bencana, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah I Medan SSI MSI dengan paparan tentang Perubahan Iklim.

Narasumber lainnya adalah Kasub Direktorat Pemantauan dan Pelaporan BNPB Jarwansyah SPd MAP MM yang membawakan materi tentang Sistem Komando Penanganan Daruat Bencana, Danrindam I/BB Kolonel Inf Zainuddin dengan paparan Peran TNI Dalam Operasional Penanganan Darurat Bencana, serta Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah Kemendagri Drs Safrizal. ZA, M.Si dengan paparan Dukungan Kementerian Dalam Negeri pada Saat Tanggap Darurat dan Pasca Bencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Enter your keyword

X