Kepala BPBD Sumut Himbau DPRD Sibolga Bentuk Perda Penanggulangan Bencana

Kepala BPBD Sumut Himbau DPRD Sibolga Bentuk Perda Penanggulangan Bencana

Kepala BPBD Sumut Himbau DPRD Sibolga Bentuk Perda Penanggulangan Bencana

Kota Sibolga di himbau dapat membentuk Peraturan Daerah (Perda) terkait penanggulangan bencana. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provsu Dr. Ir. H. Riadil Akhir Lubis, M.Si, saat menerima kunjungan Komisi III DPRD Kota Sibolga di Kantor BPBD Sumut, Selasa (6/10/2018).

“Kota Sibolga merupakan salah satu kota di Sumatera Utara yang rawan terjadi bencana, khususnya bencana longsor. Namun hingga kini daerah ini belum memiliki Perda tentang penanggulangan bencana. BPBD Sumut siap berkoordinasi dengan pihak eksekutif maupun legislatif kota Sibolga dalam menyusun draft perda penanggulangan bencana ini,” ujar Riadil.

Kepala BPBD Sumut menambahkan bahwa hingga kini Kepala Pelaksana BPBD Kota Sibolga masih dijabat oleh pejabat Eselon III. Hal ini menurut Riadil perlu menjadi perhatian DPRD setempat, mengingat hampir seluruh Kepala Pelaksana BPBD di Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara saat ini sudah dijabat oleh Eselon II.

“Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, bahkan Permendagri Nomor 46 Tahun 2008 menyatakan bahwa Kepala BPBD harus satu tingkat dibawah Wali Kota. Jadi Kepala BPBD itu memang Sekda, Kepala Pelaksananya adalah Kepala BPBD yang dijabat oleh Eselon II B. Meski demikian Kepala Pelaksana ini juga sebagai pejabat defenitif,” ujar Riadil.

Selanjutnya ujar Riadil, pembentukan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) juga perlu dibentuk oleh Pemda Sibolga. Pembentukan Sispam ini dapat bekerjasama dengan Kepolisian, Pemadam Kebakaran, dan beberapa instalasi pemerintah lainnya.

“Kerja sama Sispam Kota ini tujuannya dapat berupa penanganan bencana banjir, longsor, kerusuhan sosial atau pengamanan lainnya yang berkaitan dengan kebencanaan,” ujar Riadil.

Riadil menambahkan bahwa BPBD Sumut juga siap menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Sibolga dalam melakukan pelatihan-pelatihan dan edukasi kebencanaan terhadap masyarakat.

“Melalui pelatihan dan edukasi kita akan memberikan mitigasi bencana yang ancamannya tinggi di Kota Sibolga, tujuannya adalah agar dampak dan korban bencana yang sewaktu-waktu muncul dapat diminimalisir,” terang Riadil.

Sebagaimana diketahui, kedatangan Komisi III DPRD Kota Sibolga ke Kantor BPBD Sumut dipimpin oleh Jamil Zeb Tumori, SH dengan tujuan melaksanakan koordinasi/konsultasi terkait Penanggulangan dan Pengurangan Risiko Bencana di Kota Sibolga.

Keterangan foto: Kepala BPBD Sumut Dr. Ir. H. Riadil Akhir Lubis, M.Si saat menerima kunjungan Komisi III DPRD Kota Sibolga di Kantor BPBD Sumut, Selasa (6/10/2018).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter your keyword

X