Gubernur Sumut Pantau Titik Banjir di Sejumlah Wilayah Kota Medan

Gubernur Sumut Pantau Titik Banjir di Sejumlah Wilayah Kota Medan

Gubernur Sumut Pantau Titik Banjir di Sejumlah Wilayah Kota Medan

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau sejumlah kawasan yang dilanda banjir di Kota Medan, Minggu (16/9/2018). Dalam kunjungannya tersebut Gubernur didampingi oleh Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dan Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis.

Salah satu lokasi yang dilanda banjir terparah yang turut disambangi Gubernur, yaitu kawasan Kelurahan Beringin, Kecamatan Medan Selayang, Medan. Di lokasi ini ketinggian air mencapai tiga meter atau mencapai atap rumah-rumah penduduk.

Di Kelurahan Beringin, Gubernur juga sempat bertegur sapa dengan masyarakat setempat. Usai menyapa warga, Edy dan Eldin didampingi Kepala BPBD Sumut menunaikan Salat Zuhur bersama.

Usai menunaikan salat, Edy kemudian berjalan kaki menuju titik banjir di Jalan Sari Rejo. Di perjalanan, Gubernur tampak kembali menyapa dan berinteraksi dengan warga setempat.

“Ibu baik-baik saja?” Ujar Edy menyampa warga. “Pak rumah kami pak sudah tergenang sampai atap. Tolong ya pak,” ujar seorang ibu kepada Gubernur.

“Untuk langkah awal, masih peninjauan dahulu yang bisa kita lakukan. Setelah memahami situasi, kita akan tindak lanjuti dengan rapat dan memanggil ahli untuk menuntaskan masalah banjir ini. Untuk bantuan, ada bahan pokok kita sediakan,” jawab Gubernur.

Sementara itu, Kepala BPBD Sumut Riadil Lubis menyebutkan akan dilakukan 3 hal dalam upaya penanggulangan banjir yang kerap melanda wilayah Kota Medan akhir-akhir ini.

“Pertama perlu dilakukan pertemuan antara Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Kota Medan, BPBD dan pihak pemilik tanah, Camat, serta Lurah setempat. Kedua mengundang akademika untuk mencari solusi mengatasi banjir,” ujarnya.

“Langkah penanggulangan saat ini adalah dengan menempatkan mobil tanki air untuk kebutuhan warga,” kata Riadil menambahkan.

Saat kunjungan berlangsung, rombongan tampak mengelilingi lokasi banjir, hingga menuju jembatan. Pada kesempatan tersebut rombongan Gubernur Sumut juga tampak membagi-bagikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat yang terkena dampak banjir.

Keterangan foto: Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi didamping Kepala BPBD Provsu Riadil Akhir Lubis meninjau sejumlah lokasi banjir yang melanda kawasan Kota Medan, Minggu (16/9/2018).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Enter your keyword

X