BERANDA   |   SEJARAH   |   DASAR HUKUM   |   TUGAS POKOK & FUNGSI   |   VISI & MISI   |   STRUKTUR ORGANISASI  
Strategi
Kebijakan
Tujuan
Sasaran
Program
Definisi Bencana
Potensi Ancaman Bencana
Sistem Penanggulangan
Jenis Bencana
Tips Siaga Bencana
Berita
Pengumuman
Buku Tamu
Hubungi Kami
Link



  DEFINISI BENCANA

Bencana adalah serangkai peristiwa yang diakibatkan oleh alam dan/ atau manusia yang dapat mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dan harta benda, kerusakan lingkungan hidup, sarana dan prasarana, fasilitas umum serta mengganggu tata kehidupan dan penghidupan masyarakat.


Wilayah Sumatera Utara

Daerah Provinsi Sumatera Utara terletak antara 10 40 LU dan 960 1000 BT dan merupakan bagian dari Wilayah Indonesia yang terletak di kawasan paling pinggir Pasifik Barat.

Daerah ini berbatasan di sebelah utara dengan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, di sebelah timur dengan Selat Malaka, di sebelah selatan dengan Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Barat dan di sebelah barat dengan Samudera Indonesia.

Daerah Provinsi Sumatera Utara dengan luas 71.680 Km2 secara geografis terbagi atas wilayah pantai timur, wilayah pantai barat dan wilayah kepulauan yang memiliki topografi, kultur dan iklim yang beranekaragam. Wilayah pantai timur merupakan dataran rendah seluas 26.360 Km2 atau 36,8 % dari luas wilayah Sumatera Utara yang subur, kelembaban tinggi dengan curah hujan yang relatif tinggi pula. Wilayah dataran tinggi dan wilayah pantai barat seluas 45.320 Km2 atau 63,2 % dari luas wilayah Sumatera Utara yang sebagian besar merupakan pegunungan, memiliki variasi dalam tingkat kesuburan tanah dan iklim, topografi dan kultur serta daerah yang struktur tanahnya labil. Beberapa danau, sungai, air terjun dan gunung berapi dijumpai di wilayah ini serta bagian wilayahnya tercatat sebagai daerah gempa tektonik dan vulkanik.