BPBD Sumut: Status Gunung Sinabung Masih Tetap Level Siaga

BPBD Sumut: Status Gunung Sinabung Masih Tetap Level Siaga

BPBD Sumut: Status Gunung Sinabung Masih Tetap Level Siaga

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo sempat mengalami erupsi pada Minggu (9/6/2019) kemarin, namun status gunung api tersebut tidak dinaikkan atau tetap berada pada level III atau Siaga. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut, DR. Ir. H. Riadil Akhir Lubis, MSi.

“Status Gunung Sinabung masih tetap di level III atau Siaga meski pada Minggu lalu sempat mengalami erupsi,” kata Riadil, Selasa (11/6/2019).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPBD Sumut menyampaikan bahwa erupsi tersebut juga tidak mengakibatkan kerusakan rumah atau pun fasilitas publik. Namun demikian dirinya tetap mengingatkan warga untuk tetap waspada.

“Meski status Gunung Sinabung tetap pada Level III atau Siaga, namun warga masyarakat tetap diingatkan agar waspada dan tidak melakukan aktifitas di wilayah berbahaya,” kata Riadil.

Sejauh sejumlah upaya telah dilakukan pemerintah daerah, yakni melakukan penyemprotan jalan dan rumah warga yang sempat tertutup debu vulkanik. “Pembersihan abu dilakukan dengan penyemprotan dengan menggunakan air. Hal ini dilakukan untuk membersihkan jalanan dan rumah warga yang sempat dihujani abu vulkanik,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Gunung Sinabung yang mengalami erupsi pada Minggu kemarin mengeluarkan material abu vulkanik setinggi kurang lebih 7.000 meter.

Berdasarkan laporan dari tim pemantau gunung api tersebut, kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas cukup tebal dan condong mengarah ke selatan.

Keterangan foto: Ilustrasi Gunung Sinabung yang tampak tenang dari kejauhan (grid.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Enter your keyword

X