BPBD Sumut Minta Pemkab Tobasa Rutin Sampaikan Informasi Bencana

BPBD Sumut Minta Pemkab Tobasa Rutin Sampaikan Informasi Bencana

BPBD Sumut Minta Pemkab Tobasa Rutin Sampaikan Informasi Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara (Sumut) meminta kepada Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) agar rutin menyampaikan informasi potensi dan kejadian bencana di daerah tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BPBD Sumut, DR. Ir. H. Riadil Akhir Lubis, M.Si yang diwakili Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan saat menerima kunjungan kerja Komisi C DPRD Kabupaten Tobasa, Selasa (28/5/2019).

“Pemkab Tobasa dalam hal ini BPBD setempat harus secara rutin menyampaikan informasi terkait potensi dan kejadian bencana ke BPBD Sumut. Hal ini penting sebagai data pendukung nantinya saat kita mengusulkan bantuan kebencanaan ke BNPB,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, disampaikan juga bahwa dalam waktu yang segera kedepannya, BPBD Sumut akan susun rencana kontijensi (Renkon) bencana gempa bumi untuk kawasan Danau Toba.

“Terdapat 7 kabupaten yang menaungi Danau Toba, salah satunya adalah Kabupaten Tobasa. Dalam waktu dekat ini, BPBD Sumut juga telah merencanakan akan menyusun Renkon bencana gempa bumi. Hal ini berkaitan dengan status wilayah Danau Toba yang ditetapkan sebagai KSPN oleh Pemerintah Pusat,” terangnya.

Diharapkan, dengan Renkon tersebut nantinya, Danau Toba yang menjadi bagian KSPN dapat menjadi tujuan wisata nyaman dengan adanya upaya pengurangan risiko bencana apabila sewaktu-waktu terjadi ditengah-tengah kunjungan wisatawan yang ditargetkan mencapai 1.000.000 orang pertahun.

Sebagaimana diketahui, Komisi C DPRD Kabupaten Tobasa berkunjung ke Kantor BPBD Sumut dalam rangka konsultasi dan koordinasi terkait kebencanaan di daerahnya.

“Maksud kedatangan kami adalah dalam rangka konsultasi dan koordinasi program kerja BPBD Sumut ke Tobasa. Kami juga ingin bertanya dan ingin mengetahui terkait bantuan-bantuan apa saja yang dapat diberikan BPBD Sumut ke Kabupaten Tobasa terkait kebencanaan,” ujar Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Tobasa, Pagar Tua Siahaan.

Adapun sejumlah jajaran DPRD Kabupaten Tobasa yang ikut dalam kunjungan ke BPBD Sumut, yaitu Ketua DPRD Kabupaten Tobasa Boike Pasaribu, serta Anggota Komisi C DPRD Tobasa, diantaranya Effendi Napitupulu, Binsar Tambunan, Resman Marpaung, dan Rahmat Manullang.

Keterangan foto: Suasana rapat saat BPBD Sumut menerima kedatangan DPRD Kabupaten Tobasa, Selasa (28/5/2019) di ruang rapat kantor BPBD Sumut. Kedatangan Komisi C DPRD Kabupaten Tobasa diterima oleh Kepala BPBD Sumut yang diwakili oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Enter your keyword

X