BPBD Sumut Keluarkan Surat Edaran Peringatan Dini Kesiapsiagaan Mudik Lebaran Tahun 2019

BPBD Sumut Keluarkan Surat Edaran Peringatan Dini Kesiapsiagaan Mudik Lebaran Tahun 2019

BPBD Sumut Keluarkan Surat Edaran Peringatan Dini Kesiapsiagaan Mudik Lebaran Tahun 2019

Berdasarkan Prakiraan Daerah Potensi Banjir Sumatera Utara untuk bulan Mei, Juni dan Juli 2019 yang dilaporkan BMKG Wilayah I Medan, dan Rapat Koordinasi Persiapan Lebaran di Kantor Gubernur Sumatera Utara yang merekomendasikan untuk keamanan mudik masyarakat di Sumatera Utara.

Terkait hal tersebut maka dengan hormat dihimbau kepada Kepala Pelaksanana BPBD Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Utara untuk:

a. Melakukan sosialisasi kesiapsiagaan antisipasi banjir/longsor kepada masyarakat, terutama di kawasan daerah aliran sungai dari hulu hingga hilir di seluruh Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Utara.

b. Menyiapkan Posko siaga 24 jam untuk bantuan darurat.

c. Menyiagakan aparatur terkait dalam pengamanan jalur rawan longsor pada saat mudik lebaran tahun 2019

d. Berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan setempat untuk memberikan informasi jalur alternatif untuk mudik lebaran dan juga dengan Instansi Vertikal seperti: Kepolisian, BASARNAS dan TNI.

e. Mensosialisasikan kepada masyarakat agar selalu mengikuti Tips Mudik Aman, yaitu:

  1. Pastikan kompos gas aman dengan mencabut regulator dan memastikan kompor dalam keadaan padam;
  2. Cabut seluruh koneksi barang elektronik di dalam rumah (AC, Kulkas, Rice Cooker, Pompa Air, TV, dll;
  3. Pastikan Seluruh sumber listrik (Kabel, Sekring, dan Stop Kontak) aman dari kain, kertas dan tetesan air untuk menghindari terjadinya korsleting listrik;
  4. Laporkan kepergian mudik (Lama Mudik dan Nomor HP) kepada perangkat pemerintah (Kepling, RT, RW) dan Petugas keamanan setempat;
  5. Untuk menghubungi dalam keadaan darurat (SAR 115, Polisi 110, Damkar 113).

f. Menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menyalakan petasan yang dapat mengganggu aktifitas orang lain di pemukiman sekitarnya.

g. menghimbau agar pengusaha jasa transportasi darat, air dan udara memastikan kenderaan angkutannya laik operasi dan tidak memuat penumpang melebihi kapasitas serta selalu menyiapkan alat keselamatan diri bagi penumpang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Enter your keyword

X