BPBD Sumut Berikan Bantuan Sembako dan Air Bersih Kepada Korban Banjir di Kota Medan

BPBD Sumut Berikan Bantuan Sembako dan Air Bersih Kepada Korban Banjir di Kota Medan

BPBD Sumut Berikan Bantuan Sembako dan Air Bersih Kepada Korban Banjir di Kota Medan

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi turun langsung meninjau sejumlah kawasan yang dilanda banjir di Kota Medan, Minggu (16/8/2018). Gubernur yang didampingi oleh Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dan Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis, turut memberikan bantuan berupa sembako kepada sejumlah korban banjir.

“Sebagai langkah awal, masih peninjauan dahulu yang bisa kita lakukan. Setelah memahami situasi, kita akan tindak lanjuti dengan rapat dan memanggil ahli untuk menuntaskan masalah banjir ini. Untuk bantuan, ada bahan pokok kita sediakan,” kata Gubernur saat berdialog dengan warga.

Sementara itu, Kepala BPBD Sumut Riadil Lubis menyebutkan akan dilakukan 3 hal dalam upaya penanggulangan banjir yang kerap melanda wilayah Kota Medan.

“Pertama perlu dilakukan pertemuan antara Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Kota Medan, BPBD dan pihak pemilik tanah, Camat, serta Lurah setempat. Kedua mengundang akademika untuk mencari solusi mengatasi banjir,” ujarnya.

“Langkah penanggulangan saat ini adalah dengan menempatkan mobil tanki air untuk kebutuhan warga,” kata Riadil menambahkan.

Selanjutnya Riadil mengatakan, selain bantuan bahan pokok, juga diturunkan bantuan air bersih untuk membersihkan lumpur di rumah-rumah warga. Begitu pula dengan tangki air minum untuk mensuplai kebutuhan masyarakat.

“Sebagaimana permintaan warga dan persetujuan Gubernur, mobil tangki air BPBD Sumut dengan kapasitas 3.000 liter air bersih sudah berada di Gang Merdeka, Kelurahan Sei Mati Medan untuk menyuplai kebutuhan warga dan penduduk sekitar yang kesulitan air saat banjir terjadi,” ujar Riadil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Enter your keyword

X