4 Arahan Kepala BPBD Provsu Saat Penutupan Pelatihan Sistem Komando pada Penanganan Darurat

4 Arahan Kepala BPBD Provsu Saat Penutupan Pelatihan Sistem Komando pada Penanganan Darurat

4 Arahan Kepala BPBD Provsu Saat Penutupan Pelatihan Sistem Komando pada Penanganan Darurat

Kegiatan Pelatihan Incident Command System (ICS) for Incident Commander (IC) atau Pelatihan Sistem Komando pada Penanganan Darurat yang berlangsung pada 3-5 Juli 2019 di Ballrom Hotel Emerald Garden, Jalan Yos Sudarso Medan resmi ditutup oleh Kepala BPBD Provsu Dr Riadil Akhir Lubis MSi melalui Sekertaris BPBD Provsu Rita Tavip Megawati, S.Sos, M.Si, Jumat (5/7/2019).

Saat menutup kegiatan, Sekertaris BPBD menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan tersebut. “Kegiatan ICS for IC telah kita akhiri dengan baik. Kami atas nama BPBD Provinsi Sumatera Utara mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah beperan aktif dalam kegiatan ini,” kata Rita Tavip.

Sekertaris BPBD Provsu juga turut menyampaikan 4 arahan dari Kepala BPBD Provsu, yaitu tentang peningkatan sumber daya manusia (SDM) penanggulangan bencana di Kabupaten/Kota melalui pelatihan-pelatihan yang digelar di daerah dengan bekerjasama dengan TNI dan Polri.

Selanjutnya BPBD Kabupaten/Kota turut diharapkan menganggarkan dana penanggulangan bencana sesuai dengan ancaman dan potensi bencana di daerahnya masing-masing.

Kemudian, BPBD Kabupaten/Kota turut diminta segera menetapkan Perda Penanggulangan Bencana di daerah, khususnya bagi daerah yang belum memiliki Perda tersebut. “Karena ini sebagai payung hukum kita dalam bekerja,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rita Tavip yang menyampaikan arahan selanjutnya dari Kepala BPBD Provsu, yaitu agar BPBD Kabupaten/Kota segera menetapkan Tim Reaksi Cepat (TRC) penanggulangan bencana di daerahnya masing-masing.

Sebelum penutupan kegiatan pelatihan ICS for IC turut dihadirkan 2 narasumber yang menyampaikan materi kepada peserta kegiatan, diantaranya dari Kabag Dalops Polda Sumut AKBP Guntur Agung SIK, M.Si dengan materi Sistem Pengamanan Dalam Rangka Penanganan Darurat Bencana dan dari Kasiopslat Lanud Soewondo Mayor TEK Sugeng dengan materi Peran TNI Angkatan Udara dalam Penanggulangan Bencana.

Adapun peserta kegiatan ICS for IC, diikuti oleh sejumlah Pimpinan Pemerintah di Sumatera Utara, diantaranya Sekertaris Kabupaten/Kota se Sumatera Utara, Kepala BPBD Provinsi Sumatera Utara dan juga para Kepala Bidang, serta Kepala BPBD Kabupaten/Kota se Sumatera Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Enter your keyword

X